Sinopsis : Facebook Love Story

Sinopsis : Facebook Love Story

Berani taruhan ….

Anda yang sedang membaca ini

pasti mengenal “Facebook” dan “Cinta”?

Keseharian Kita : ‘Main’ Facebook

Facebook adalah bagian keseharian kita. Sebagaimana kita ngobrol dengan kawan  sebangku di sekolah, curhat dengan sahabat saat kuliah, atau nongkrong bareng teman saat after office hours.

Begitu juga dengan kisah percintaan. Facebook bukan saja membuka peluang seseorang untuk mengenal orang lain, tetapi juga mengetahui relationship status-nya. Apakah single, in relationship, engaged ataukah it’s complicated. Facebook juga mampu memberi warna bagi kisah percintaan dua (atau lebih) manusia. Bahkan situs tersebut juga bisa menentukan ke arah mana perjalanan kisah asmara para facebooker.

Facebook Love Story ini merupakan Kumpulan Cerpen yang mengambil facebook sebagai setting utama di dalamnya. Buku ini hadir sebagaimana Cinta dan Facebook tidak bisa lepas dari kehidupan keseharian kita. Facebook bisa membuat orang kembali menemukan cinta sejatinya dan juga sebaliknya. Pengkhiatan seorang kekasih dapat dibuktikan secara nyata. Facebook adalah situs dimana cinta dapat ditemukan dan diungkapkan secara terbuka seluruh dunia.

Masa Lalu, Putus dan PDKT

Sebut saja kisah Roy pada “Sebuah Nama dari Masa Lalu”. Melalui Facebook,  Roy kembali menemukan Anggie, cinta pertamanya saat SMA dulu. Setelah empat tahun kemudian, kenangan indah atau mimpi gelap yang akan mereka temui ?

“Akhir yang Indah” menceritakan  kisah Diena setelah putus dengan Dityo. Status Relationship di Facebooknya berubah dari “in relationship with” berubah menjadi “single”. Sikap apakah yang harus dipilih Diena saat perubahan status tersebut dikomentari 21 orang teman Facebooknya ?

Atau Tony yang selalu mengandalkan Facebook, saat PDKT dengan Arien. Facebook, dimata Tony, merupakan sumber infomasi pribadi tentang Arien sebelum akhirnya ia memutuskan akan ‘nembak’ Arien. Akankah upaya Tony, termasuk memberi “Sekotak Donat untuk Arien”, akan berjalan sesuai yang ia harapkan ?).

“Kuta Bali”, selalu mempunyai kenangan tersendiri bagi Sonny. Namun saat kenangan itu di-publish di Facebook oleh Ratna, mantan kekasihnya dahulu, Sonny merasa terkejut. Bagaimanakah Sonny menyikapi kehadiran Ratna di account Facebooknya ketika ia tengah menjajaki sebuah PDKT dengan Aya, gadis manis yang ia kenal di kampus.

Tak ada yang lebih nikmat dari “Secangkir Kopi Hangat”.  Mungkin itu yang ada dalam benak Ira, setidaknya jika ada Bima disampingnya. Namun Bima seakan hanya singgah sejenak dalam hari-harinya. Melalui account Facebook, Ira mengetahui aktivitas Bima yang begitu padat. Akankah harapan-harapan Ira akan terwujud ?

Orang Ketiga, Pilihan dan Detektif

Bagaimana pula kehadiran Andra sebagai orang ketiga di antara Ude dan Regina dalam cerpen “Saat Ingin Memeluknya” ?  Apakah Facebook justru akan  memperkeruh kisah cinta segitiga ini ? Ataukah Facebook yang akan menguji kesetiaan di antara ketiganya ?

Simak pula Donny yang harus menghadapi Mbak Sri, pembantu yang ingin memiliki account Facebook. Donny pun melakukan registrasi “Facebook untuk Mbak Sri”. Namun hal ini justru membuat Donny kelabakan saat Mbak Sri lebih asyik berfacebook ria dari pada mengerjaakan tugasnya. Kejutan apakah yang akan dihadapi Donny maupun Mbak Sri setelah ia memiliki account Facebook ?

Bagaimana pula sikap yang dipilih Widia Dewi ketika Satya Nugraha dan Dedy Kushendar melakukan PDKT dalam saat bersamaan. Bahkan kedua saling berlomba-lomba untuk comment di Facebook Widi. Menghadapi “Dua Pilihan” tersebut, Widi akhirnya meminta saran sahabatnya, Sophie untuk menentuntukan siapa yang akan menjadi pilihan terbaik bagi Widi.

Haris dan Della dipertemukan kembali setelah beberapa tahun mereka terpisah bangku kuliah dan pekerjaan masing-masing. Pertemuan mereka kembali bermula dari Friend Request dari Della. Cerpen “Selalu” mempertanyakan apakah yang harus mereka jalani setelah kisah keduanya di masa silam seakan dihadirkan kembali.

Nuansa detektif juga muncul dalam cerpen “Misteri Tugas Ganda”. Dua orang sahabat, Anton dan Eko, berupaya memecahkan kasus yang ditemui saat kuliah. Facebook pada akhirnya menegaskan dugaan-dugaan siapakah pelaku dari misteri tersebut. Dapatkah keduanya menemukan sang pelaku?

 

Kesepuluh cerpen tersebut memiliki karakter yang kuat dengan alur cerita yang dramatis, dan ending yang tak terduga. Semua konflik lahir, berkembang atau berakhir dari situs ciptaan Mark  Zuckerberg ini.

Buku ini dapat berpotensi sebagai best seller internasional, jika seluruh facebooker di dunia membelinya. 😀

Related Post
Kisah-kisah Bersepeda Yang Jarang Kita Ketahui

Singkat cerita si cewek bilang ke Bapaknya yang atlet sepeda itu bahwa cowoknya akan segera melamar. Si bapak tentu menjawab Read more

Wonder Woman : Refleksi Kelakuan Kaum Hawa

Tahun ini, kita enggak bisa nonton sejumlah film yang direncanakan tayang. Ada pandemi Covid-19 yang membuat bioskop menutup layarnya. Sejumlah Read more

Wajah Kekeyi, Wajah (Demokrasi) Kita

Kekeyi dan politukus setidaknya mengajarkan ke gue, bahwa kita hidup di era angka-angka yang serba dihitung. Setidaknya untuk menunjukkan betapa Read more

Memaknai Nastar dari Perspektif Kebangsaan

Dalam sejarahnya, kue nastar sudah ada sejak jaman kolonial Belanda. Nastar diadaptasi dari kue Belanda, yang biasanya berisi selai strawberry, Read more

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.