Mencari Kambing Hitam Saat Listrik Mati (2/2)

Mencari Kambing Hitam Saat Listrik Mati (2/2)

Tulisan sebelumnya, 

Kedua, masalah proses. Katakanlah sumber energi sudah diatasi, berikutnya bagaimana proses di dalam PLN dalam melayani kebutuhan listrik. Percuma aja, kalo PLN belum mempunyai back up atau cadangan atau apalah ketika suply listrik terganggu. Masalah mati listrik selama satu jam, mungkin bisa dimaklumi, tetapi dalam setengah hari bakal menjadi masalah. Fakta yang pernah gue baca, orang sekarang udah enggak betah enggak megang hape selama tiga 3 jam.

Sekarang, orang juga bisa nyimpen energi listrik di bank. lengkapnya power bank.

Bukan hanya uang dan listrik, yang bisa disimpen di bank. Sperma juga. cuman kalo lu sering setor ke bank sperma, sering-sering cek dengkul. Takut jadi kopong.

Manajemen PLN

Dalam proses tersebut, pihak manajemen PLN juga perlu mendapat perhatian. Direktur Utama PLN, Managernya sampai tukang ulur kabel mempunyai peran pokok. Kita masih paham, istilah man behind the guns and roses. Axl Roses dan Slash.

Peran manajemen ini sangat penting, apalagi di pucuk pimpinan BUMN. Kita masih inget Ignasius Jonan dan perbaikan pelayanan kereta api. Kelas ekonomi sekarang udah nyaman. Dahlan Iskan dengan token listrik dan call center 123. Namun sekarang gue enggak tahu siapa Dirut PLN sekarang. Gue sih bisa Googling. Sesuai pepatah yang mengatakan, malu Googling sesat di dunia maya.

 

Malu Googling, Sesat di Dunia Maya.

Mengatasi masalah blackout bisa diatasi dengan sejumlah inovasi. Misalnya PLN harus mempunyai sistem peringatan dini listrik mati. Jadi kalo listrik mau mati, PLN bakal kirim SMS blast ke seluruh orang di wilayah tersebut. Jadi orang bisa persiapan. Mau siapin lilin atau siapin emergency lamp. Mau ngecas hape atau ngecas powerbank. Mau ngecas vibrator atau beli timun.

Ketiga, output. Seberapa pun energi. Listrik yang dihasilkan akan percuma jika masyarakat tidak bisa hemat energi. Bukankah kita mengenal hemat energi, hemat biaya. Masalahnya kita ini belum berhemat dalam energi. Di komplek gue, ada petugas yang tiap sore nyalain lampu penerangan jalan. Lalu keesokan harinya mematikannya. Kalo petugasnya lupa kan listrik bisa nyala seharian. Boros.

Cara hemat energi yang paling mudah adalah dengan menggunakan listrik sesuai kebutuhan. Kalo udah siang, lampu dimatikan. Kalo tandon air udah penuh, Sanyo dimatikan. Kalo udah ada pasangan, vibratornya dimatikan.

Related Post
Review Film Komedi Sabar Ini Ujian : Imun di Tengah Pandemi

Konsep time-loop ini memang hal yang baru bagi perfilman Indonesia, Meski alur seperti ini sudah bisa kita lihat di film Read more

Cowok Bego

Banyak orang berpendapat, cowok itu rasional, cewek itu emosional. Dalam ambil keputusan, cowok itu pake pikiran, sedangkan cewek berdasarkan perasaan. Read more

Ironi Kemerdekaan : Kita Merdeka Tetapi …

Merdeka dari penjajahan sudah dikumandangkan oleh pendiri bangsa ini pada tanggal 17 Agustus 19445. Sehari kemudian konsep sebuah negara mulai Read more

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.