Opini Komedi dan Bagaimana Kita Menertawakan Suatu Fakta

Opini Komedi dan Bagaimana Kita Menertawakan Suatu Fakta

Salah satu jurus komedi adalah “opini komedi terhadap suatu fakta”.

Jurus ini sering digunakan oleh komika untuk membahas sesuatu yang aktual di media dan mengadirkannya kembali sebagai materi komedi. Beberapa acara variety show di televisi juga kerap membawa jurus ini. Host pertama membacakan judul atau headline sebuah berita, lengkap dengan insert screenshot berita online tersebut. Host kedua menimpali dengan opini komedi.

Bagi gue, opini komedi terasa begitu dekat dengan audiens. Kita merasa berita itu juga pernah kita baca. Atau setidaknya berita itu aktual dan faktual, sehingga kita pun pernah atau akan mengalaminya. Berikutnya opini komedi terasa tidak begitu absurd untuk ditertawakan.

Bagaimana Opini Komedi Bekerja.

Pertama-tama kita dihadapkan pada sebuah pemberitaan, yang mana adalah fakta. Realitas yang ditangkap media. Sebagai sebuah berita, audiens harus menangkap informasi lengkap. Dalam contoh ini, ada dua nama brand yang disebut.

Kedua, audiens cenderung “mengamini” sudut pandang media dalam pemberitaan tersebut. Kembali ke contoh, kata “disemprot” mempunyai referensi tersendiri bagaimana reaksi netizen dalam pemberitaan tersebut, juga reaksi netizen ketika membaca beritanya.

Ketiga, opini komedi hadir untuk mematahkan (atau membelokkan) persepsi dari pemberitaan tersebut, sehingga muncul kejutan dan menghadirkan tawa. Kelucuan di sini hadir dalam kolom komen berita tersebut. Satu kalimat sederhana yang meruntuhkan seluruh sudut pandang pemberitaan maupun persepsi pembaca.

Related Post
Review Film Komedi Sabar Ini Ujian : Imun di Tengah Pandemi

Konsep time-loop ini memang hal yang baru bagi perfilman Indonesia, Meski alur seperti ini sudah bisa kita lihat di film Read more

Cowok Bego

Banyak orang berpendapat, cowok itu rasional, cewek itu emosional. Dalam ambil keputusan, cowok itu pake pikiran, sedangkan cewek berdasarkan perasaan. Read more

Ironi Kemerdekaan : Kita Merdeka Tetapi …

Merdeka dari penjajahan sudah dikumandangkan oleh pendiri bangsa ini pada tanggal 17 Agustus 19445. Sehari kemudian konsep sebuah negara mulai Read more

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.