Upin, Ipin dan Siapa Kita?

Upin, Ipin dan Siapa Kita?

Gue heran ma animasi Malaysia yang diputer di tivi Indonesia, Upin dan Upil. Eh, Upin dan Ipin.

Upin dan Ipin diceritakan saudara kembar, Upin sebagai kakaknya digambarkan punya rambut seiket di kepalanya. Ipin sang adik berkepala gundul. Ini kembar darimana? Ini kayak lu beli sepatu tapi yang kiri pake tali, sedang yang kanan pake kawat berduri.

Untungnya Upin dan Ipin diputer beberapa tahun ini. Kalo diputer belasan tahun lalu, orang bakal susah bedain Upin dan Ipin dengan Tuyul dan Mbak Yul. Mungkin Kak Ros itu sama kayak mbak Yul. Dan si nenek mirip ma Kentung.

Cita-Cita

Salah satu episode, Upin dan Ipin mengambar Astronot dan Pembuat Roket Apollo sebagaimana cita-cita mereka. Gue enggak bayangin kalo mereka berdua itu anak Indonesia, pasti mereka menggambar orang tidur dan orang piknik. Jadi kalo ditanya Cikgu tentang cita-cita mereka, keduanya pasti menjawab ingin menjadi anggota DPR.

Misalnya Upin berkata ma ibu gurunya, “Cikgu, kalo besar, saya nak jadi anggota dewan, pasti seronok.”

Lalu cikgu Jasmin njawab, “Jadi anggota dewan itu tidak gampang. Pura-pura bekerja sambil menahan kantuk bukan hal mudah dilakukan.”

Sepak Bola

Animasi itu udah lama banget tayang dan sering banget diulang-ulang. Gue pernah nonton salah satu episode dimana Atuk menjagokan Timnas Inggris saat berlaga di Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Saat gue nonton itu, Piala Dunia udah mau diadakan lagi.

Atuk wajar aja bela Timnas Inggris. Malaysia kan negara persemakmuran, bekas jajahan Ingris. Nah, yang gue bingung tuh kita, rakyat Indonesia? Mo jagoin timnas Garuda, tapi enggak main di Piala Dunia. Mo jagoin Belanda kok rasanya enggak rela. Mo jagoin Jepang, kita malah lebih sering nonton JAV daripada J League.

Mo bela timnas lain enggak ada ikatan emosi. Tapi jangan lalu jagoin timnas Timor Leste. Timnas Timor Leste cukup dihadapin ma tim sepak bola kelas kabupaten ajah, misalnya MU, Madura United.

Oya, Upin dan Ipin tuh suka banget yang namanya ayam goreng. Mungkin karena keduanya masih kecil. Mungkin kalo udah gede, mungkin mereka lebih doyan ayam kampus. Sedang gue yang jauh lebih gede dari keduanya suka ayam pedas….. ayam kampus ditambah cabe-cabean.

 

Related Post
Review Film Komedi Sabar Ini Ujian : Imun di Tengah Pandemi

Konsep time-loop ini memang hal yang baru bagi perfilman Indonesia, Meski alur seperti ini sudah bisa kita lihat di film Read more

Cowok Bego

Banyak orang berpendapat, cowok itu rasional, cewek itu emosional. Dalam ambil keputusan, cowok itu pake pikiran, sedangkan cewek berdasarkan perasaan. Read more

Ironi Kemerdekaan : Kita Merdeka Tetapi …

Merdeka dari penjajahan sudah dikumandangkan oleh pendiri bangsa ini pada tanggal 17 Agustus 19445. Sehari kemudian konsep sebuah negara mulai Read more

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.