Review Film Komedi |  Pizza Man, Hangover dengan cita rasa lokal

Review Film Komedi | Pizza Man, Hangover dengan cita rasa lokal

Film ini mengingatkan gue pada film Hangover. Film komedi Hollywood tersebut bahkan sudah ada tiga judul.  Bahkan gue juga pernah liat versi Thailand nya, dimana di versi tersebut Mike Tyson, iya Mike Tyson si leher beton itu main di dalamnya, dalam sejumlah scene. Pertanyaan gue, apakah di film Pizza Man ini dan versi Thailand tersebut memiliki “lisensi”  seperti film Sweet 20 (Indonesia) yang jelas-jelas menyebut sebagai film adaptasi dari Miss Granny (Korea)

Premis cerita Hangover dan Pizza Man cukup menarik, Berkisah tentang tiga orang yang mabuk dalam satu malam, lalu sadar di pagi harinya. Mereka tidak ingat sama sekali dan kekacauan timbul di sana sini. Lalu mereka menebak-nebak apa saja yang mereka lakukan sambil menyelesaikan semua persoalan yang ditimbulkan.

Cerita dimulai dari sebuah rumah yang dihuni oleh tiga cewek sebaya, Olivia (Joanna Alexandra), Nina (Karina Nadila)  dan Merry (Yuki Kato). Masing-masing mempunyai permasalahan tersendiri dan ingin mengakhiri hari dengan “have fun” bersama di rumah. Dan tiba-tiba saja, pagi berikutnya mereka bangun dalam keadaaan teler dan rumah berantakan parah.      

Film Pizza Man tentu saja berbeda dengan Hangover, dan juga versi Thailand-nya. Ada cita rasa lokal yang begitu kuat di ketiga film tersebut. Pizza Man bukan saja sering lokasi ada di Jakarta (baca Indonesia) tetapi permasalahan yang diangkat terasa Indonesia banget. Dari persoalan dijodohin, stereotip janda, hubungan antar tetangga dan sopir bajaj.

Lokasitas yang paling absurd adalah bagaimana mereka mabuk. Mereka mabuk dengan makan dodol ganja yang tersimpan di kulkas. Gue sendiri enggak tahu apakah ada dodol ganja tersebut. Dodol Ganja, hmmm… Mungkin mereka makannya sambil ngeluh, karena bikin lengket.

Satu-satunya yang enggak Indonesia banget, adalah Pizza-nya. Bukankah pizza kita kenal sebagai makanan khas Italia, kita mengenalnya dari waralaba amerika serikat dan menjadi makanan favorit Kura-kura Ninja.  Mungkin karena film 2015, jadi yang dipilih delivery pizza. Mungkin kalo sekarang pizza diganti dengan Nasi Padang, Ketoprak atau ayam geprek yang dikirim via ojek online.

Yuki Kato Cs 'Bunuh' Gandhi Fernando di Trailer 'Pizza Man'

Ngeliat tiga karakter cewek di sini terasa lucu. Entah kenapa tiga cewek yang berantem lebih lucu daripada tiga cowok berantem. Yang mana ini juga terjadi di film versi Thailand. Karakter ketiga kuat. Dua antaranya berantem ala drama queen versus cewek tomboy. Satu lagi berperan sebagai penengah. Ini mirip film warkop DKi dengan Indro sebagai pihak penengah antara Dono dan Kasino. Kelucuan terbangun.

Gue sendiri penasaran dengan kejutan-kejutan apa yang bakal dihadirkan ketika ketiganya mabuk. Namun ternyata alur cerita enggak banyak yang bercerita ketika mabuk, tetapi hari sesudahnya. Tetap lucu sih. Ada peran komika Babe Cabita dan Kemal Palevi, namun peran mereka minor, baik dalam bangunan cerita atau menambah amunisi komedi.

Tentu ada permasalahan pribadi yang dialami masing-masing karakter. Film ini menyelesaikan dengan manis semua masalah tersebut, di tengah persoalan baru yang timbul akibat kemabukan yang mereka alami. Kemabukan?

Entah kenapa, gue justru tertarik dengan Yuki Kato. Mungkin karena sebelumnya gue nonton Kapal Goyang Kapten. Di film Pizza Man, peran Dodol yang dimainkan Yuki Kato terasa pas porsinya. Mampu membuat gue tertawa.

Related Post
Review Film Komedi : 21 Jump Street, Ketika 2 Polisi Muda Kembali SMA

Begitulah template Buddy movie, dua orang yang jatuh bangun menyelesaikan satu misi. Kelucuan terbangun dari konflik kedua orang tersebut. Bahkan Read more

Review Film Komedi : Hit & Run, Laganya nge-Hit, Komedinya Run

Film Hit & Run diklaim sebagai film dengan genre komedi laga pertama di Indonesia. Setidaknya laman Wikipedia Indonesia menyatakan tersebut. Read more

Imperfect : Ketakutan Gue ke Ernest

Apakah Imperfect merupakan film komedi? Iya, Sinopsis film ini situs/ aplikasi Cinema 21 tertulis genre drama, komedi. Bagi gue ini Read more

Mahasiswi Baru : Potensi Besar, Kelucuan Standar

Film ini membawa logline cerita yang menarik, bagaimana seorang nenek menjadi mahasiswa baru? Lastri (Widyawati) seorang nenek generasi baby boomer Read more

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.